Sejarah B2W Tasikmalaya

Dalam mendukung semangat Bike2Work Indonesia sebagai perkumpulan penggemar kegiatan pergi bekerja menggunakan transportasi sepeda. yang merupakan alat tranportasi ramah lingkungan dan sekaligus dapat menyehatkan. Mungkin tidak ada salahnya jika kita warga Tasikmalaya menggunakan sepeda ke Kantor / Kampus / Sekolah.

(Beraktivitas) Selain mengurangi kemacetan (Tasik macet ya?) juga bisa menyehatkan.Tapi jangan lupa simpan sepeda anda ditempat yang aman, karena sekarang harga sepeda berbeda dari 10 tahun yang lalu yang hanya seharga 250 rb. Pendirian website dan penyebaran virus B2W di Tasikmalaya sudah cukup lama, bahkan dalam Forum-forum Online di Tasikmalaya pun sudah pernah di bahas, begitu juga dengan Pembuatan Grup B2W Tasikmalaya di Facebook pun sudah berjalan sejak Tahun 2009 namun tidak ada perkembangan yang berarti.

Atas dasar itu, Kang Eka Prasetya Esabara berkomitmen menyebarkan Virus Bike2Work di Tasikmalaya baik secara online (Website dan Facebook) maupun mulut ke mulut dimulai dari Komunitas terdekat yaitu di tempatnya bekerja di Kantor Litbang Kab Tasikmalaya, Dibantu oleh rekan sekerja yang juga merupakan Dosen pada salah satu perguruan tinggi swasta di Tasikmalaya yakni Kang Kurnia Trisna Somantri dibuatlkan Logo B2W (Bike to Work) Tasikmalaya dan O2W (Onthel to Work) Tasikmalaya serta dukungan dari seorang teman yang merupakan salah seorang anggota Polresta Tasikmalaya yaitu Mas Dany Rimawan yang awalnya turut ambil bagian dalam mengelola Grup B2W Tasikmalaya di Facebook dalam rangka mengkampanyekan Bike2Work & Car Free Day Tasikmalaya.

Sehingga pada Tanggal 6 Mei 2010 dibangunlah website www.b2w-tasikmalaya.org oleh Kang Eka Prasetya Esabara untuk mengkampanyekan Bike to Work & Car Free Day di Tasikmalaya secara online kepada Masyarakat serta menyediakan media interaktif online bagi para pengguna / pecinta sepeda khususnya di Tasikmalaya. Adanya Website ini langsung didukung penuh oleh rekan-rekan sekerja sang penggagas di Kantor Litbang Kab Tasikmalaya yang mana didalamnya terdapat beberapa penggemar sepeda antik maupun simpatisan baru yang langsung membeli sepeda onthel yang kemudian menjadi awal lahirnya onthel to work di Tasikmalaya. Komunitas sepeda di Tasikmalaya sudah cukup banyak, baik yang rutin berolahraga menyusuri Jalur Pipa Gas / MTB , Down Hill, Komunitas Sepeda Tua, Fun Bike, dll namun B2W adalah Komunitas yang berkomitmen untuk menggunakan Sepeda sebagai alat Transportasi alternatif menggantikan Kendaraan Bermotor yang dimilikinya. Jadi, tidak ada salahnya bagi para pecinta sepeda Tasikmalaya bergabung dan turut mensosialisasikan Bike 2 Work di Tasikmalaya.

Mungkin pengguna sepeda untuk berangkat ke Kantor di Tasikmalaya jarang ditemui, ada baiknya sebagai tahap awal kita berkomitmen untuk menggunakan sepeda minimal 1 x seminggu sebagai alat transportasi untuk bekerja / sekolah / kampus. Wadah pun dibutuhkan untuk menjaring para pecinta sepeda khususnya untuk digunakan B2W (Bike to Work), B2S (Bike to School), B2C (Bike to Campus). Untuk itu diundang untuk bergabung di Grup Facebook B2W-Tasikmalaya atau di Forum Diskusi B2W-Tasikmalaya Klik Disini Launching Komunitas Bike2 Work Tasikmalaya Berawal dari obrolan warung kopi (alasan nama Menu Forum Diskusi menjadi Warung Kopi) pada Tanggal 17 Mei 2010 bermaksud untuk mengumpulkan para Pekerja yang biasa bersepeda ke tempat kerja/beraktivitas yang menggantikan kendaraan bermotor yang biasa digunakannya.

Publikasi dilakukan melalui media online yaitu Facebook, Website, dan Broadcaasr BBM (Blackberry Messenger) untuk pelaksanaan Kumpul Bike2Work padaHari Jumat/21 Mei 2010. Respons melalui SMS dan Facebook pun cukup di respons positif oleh berbagai pihak walaupun masih ada beberapa yang salah tafsir akan tujuan komunitas ini yaitu dianggap sebagai acara Bike for Fun dan perkumpulan sepeda yang membawa nama Institusi. Publiklasi yang awalnya hanya menargetkan para pegawai di Kantor Litbang dan Instansi terdekat ternyata di respons oleh rekan-rekan lain diantaranya : Mas Teko dari Telkom yang ruitn melaksanakan B2W serta menyebarkan Flyer B2W di Tasikmalaya, Dr.Andre dari RSU, serta respons langsung dari Om Poetoet Pengurus B2W-Indonesia yang memberikan Support via telepon, email dan pengiriman PIN Bike2 Work Indonesia.

Dihadiri oleh 49 orang pekerja bersepeda dan simpatisan, yang turut mensukseskan kegiatan launching yang sederhana ini tidak menyurutkan semangat menyebarkan virus bike 2 work ke seluruh Instansi Pemerintah maupun Swasta serta masyarakat Tasikmalaya untuk peduli terhadap Lingkungan dengan bersepeda minimal 1 x seminggu menggantikan kendaraan bermotor yang dimilikinya dan dibiasa digunakan.

Walaupun hanya di hadiri oleh sebagian kecil pekerja bersepeda di Tasikmalaya, dukungan pun muncul dari rekan-rekan yang saat itu berhalangan hadir karena Jam kerja, Sekolah & Sakit namun turut menginformasikan keberadaan komunitas ini. Adapun komitmen yang menjadi dasar pembentukan Komunitas B2W Tasikmalaya adalah kesediaan untuk :

  1. Membudayakan Gaya Hidup Sehat untuk meningkatkan Kualitas Hidup dengan Bersepeda
  2. Menjunjung Tinggi Etika berlalu lintas danĀ Menjaga Ketertiban
  3. Berkomitmen menggunakan Sepeda sebagai Alat Transportasi untuk Beraktivitas minimal 1 (satu) kali seminggu dalam rangka turut peduli akan efek Global Warming serta mengurangi penggunaan kendaraan berbahan bakar fosil.

Semoga niat baik ini mendapatkan Berkat dari Tuhan Yang Maha Esa !!

Comments   

#5 Flynn 2017-05-12 11:35
Thanks for finally talking about >Sejarah B2W Tasikmalaya
Quote
#4 Efin 2017-04-27 23:42
Quoting Junayla:
akhirnya bisa berkunjung ke Tasikmalaya.Salam Gowes semua nya !!

Salam gowes om... :roll:
Quote
#3 Efin 2017-04-27 23:40
Absen malem.... Yuks diskusi soal aepeda disini....
Quote
#2 Martinus 2017-04-15 17:41
kepengen gabung donk ;-)
Quote
#1 Junayla 2017-04-15 12:12
akhirnya bisa berkunjung ke Tasikmalaya.Salam Gowes semua nya !!
Quote

Add comment


Security code
Refresh