Sejarah B2W Indonesia

Tuesday, 15 April 2014 11:28

B2W-Indonesia adalah perkumpulan penggemar kegiatan pergi bekerja menggunakan transportasi sepeda. Kegiatan yang dilakukan terutama orang-orang di kota besar untuk mencapai tempat bekerja biasanya menggunakan alat tranportasi ramah lingkungan dan dapat menyehatkan. Berawal dari sekelompok penggemar kegiatan sepeda gunung yang punya semangat, gagasan dan harapan akan terwujudnya udara bersih di perkotaan, lahirlah "Komunitas Pekerja Bersepeda" (Bike-to-Work Community) yang kemudian menggagas kampanye pertama penggunaan sepeda ke tempat kerja pada 6 Agustus 2004.

Seiring dengan berjalannya waktu, peminat alternatif transportasi selain kendaraan bermotor ini semakin berkembang, hingga dirasa perlu untuk dibuat wadah agar gerakan ini dapat semakin tersosialisasi. Pada 27 Agustus 2005 dilakukan Deklarasi & Pernyataan Bersama Komunitas Bike to Work Indonesia di Balai Kota DKI Jakarta, yang kemudian ditetapkan sebagai tanggal kelahiran Komunitas B2W-Indonesia. Kepengurusan B2W Indonesia yang pertama kemudian dibentuk pada 27 Januari 2006.

Selanjutnya Komunitas ini bertekad mengkampanyekan penggunaan sepeda sebagai alternatif transportasi, terutama untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Pencapaian B2W Indonesia antara lain : Diterimanya penghargaan Clean Air Award dari Swiss Contact pada tahun 2006 Dipatenkannya Logo B2W-Indonesia Diluncurkannya Website resmi www.b2w-indonesia.or.id pada Agustus 2006 Hingga awal 2008 telah terbentuk 18 B2W-Wilayah yang tersebar seantero negeri, yaitu Aceh (NAD), Bandar Lampung, Bandung, Bali, Balikpapan, Bogor, Cirebon, Madiun, Makassar, Mataram, Mojokerto, Pangkalpinang, Pekanbaru, Sengata, Semarang, Surabaya, Simeulue (Kepulauan), Tuban, dan Yogyakarta.

Menyusul dalam waktu dekat Palembang, Purwokerto, Meulaboh dan Ambon Peningkatan jumlah Pekerja Bersepeda yang cukup signifikan di kota-kota besar. Dari 150 menjadi hampir 5000 dalam kurun 2 tahun (berdasarkan member mailing list dan website) Selalu disertakan dalam kegiatan-kegiatan maupun seminar yang berkaitan dengan lingkungan hidup Semakin banyak pejabat pemerintah yang berminat dan mendukung jajarannya untuk bersepeda ke kantor Fauzi Bowo (Gubernur DKI Jakarta), Andi Alifian Mallarangeng (Juru Bicara Kepresidenan), Koesmayanto Kadiman (Menristek), Rachmat Witoelar (Menteri LH), termasuk beberapa CEO perusahaan besar dan multinasional Bekerja-sama dengan salah satu produsen sepeda terbesar Indonesia memproduksi sepeda khusus B2W-Indonesia Dipercaya menyelenggarakan event pendahuluan Konferensi PBB untuk Perubahan Iklim (UNFCCC) di Denpasar, Bali medio November 2007, berupa kampanye bersepeda Jakarta – Bali, yang dilepas dan diterima oleh Presiden RI Bp. Susilo Bambang Yudhoyono.

Sumber : http://id.wikipedia.org/